PENGARUH MODEL TREFFINGER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP

ANGGY PUTRI HADIANINGSIH, 155050042 (2019) PENGARUH MODEL TREFFINGER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI (BERWARNA).pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh model Treffinger lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Mengetahui apakah self-concept terhadap pembelajaran Treffinger lebih baik dari model pembelajaran biasa; (3) mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Treffinger untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain kelompok kontrol pretes dan postes. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas VIII SMP AL-FALAH Bandung. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-concept. Untuk sampel penelitian dipilih 2 kelas yaitu Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model Treffinger dan VIIIB sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran biasa. Instrumen yang digunkan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-concept. Data yang terkumpul diolah dengan mengunakan software IBM SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model treffinger lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Self-concept terhadap pembelajaran trefinger lebih baik dari model pembelajara; biasa. (3) Model Treffinger memiliki effektivitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, Model Treffinger, self-concept

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Sep 2019 08:44
Last Modified: 14 Sep 2019 08:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43494

Actions (login required)

View Item View Item