PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-POSING

SITI ROPIAH, 155050017 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-POSING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img] Text
10. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah terdapat pencapaian peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman matematis siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran secara konvensional; (2) mengetahui apakah pencapaian kemandirian belajar siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing lebih baik daripada kemandirian belajar siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran secara konvensional; (3) mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian eksperimen kelompok dan kontrol pretes-postes. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Swasta di Kabupaten Bandung, diambil dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran Problem-posing dan kelas kontrol diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional dalam hal ini pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) Pencapaian peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Pencapaian kemandirian belajar siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Pemahaman Matematis, Problem-posing.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Sep 2019 07:46
Last Modified: 14 Sep 2019 07:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43487

Actions (login required)

View Item View Item