SITI ROPIAH, 155050017 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-POSING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRACT.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (777kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (860kB) |
||
Text
10. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah terdapat pencapaian peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman matematis siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran secara konvensional; (2) mengetahui apakah pencapaian kemandirian belajar siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing lebih baik daripada kemandirian belajar siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran secara konvensional; (3) mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian eksperimen kelompok dan kontrol pretes-postes. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Swasta di Kabupaten Bandung, diambil dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran Problem-posing dan kelas kontrol diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional dalam hal ini pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) Pencapaian peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Pencapaian kemandirian belajar siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Problem-posing. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Pemahaman Matematis, Problem-posing.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Sep 2019 07:46 |
Last Modified: | 14 Sep 2019 07:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43487 |
Actions (login required)
View Item |