Riska Febrianti, 152050163 (2019) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERMAIN GAMES DI HANDPHONE VERSI MASDULLOH PADA YOUTUBE. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA INSHAALLAH BENER.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
lembar persetujuan.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II INSHAALLAH BENER.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I INSHAALLAH BENER.pdf Download (294kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Iklan Layanan Masyarakat Bermain Games di Handpone Versi Madulloh Pada Youtube. Iklan ini merupakan untuk membantu masyarakat, menarik perhatian masyarakat akan kondisi dan keadaan di sekitar mereka. Dan dapat menambah pengetahuannya, bertambah kesadaran dan sikapnya, serta berubah perilakunya agar mempunyai pandangan positif dari kehidupan lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dari setiap simbol-simbol yang ditampilkan dalam iklan Layanan Masyarakat Bermain Games di Handphone Versi Masdulloh yang ditanyangkan di YouTube. Pada penelitian ini makna yang diuraikan menjadi tiga makna sesuai dengan konsep Semiotikan Charles Sander Pierce yaitu representamen, objek dan interpretan. Selain untuk mengetahui makna yang terkandung dari simbo-simbol yang ditampilkan, pada penelitian ini juga ditujukan untuk mengetahui bagaimana konstruksi realitas soaial yang coba dibangun melalui iklan tersebut. Iklan ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan pendekatan teori yang digunakan adalah teori semiotika Charles Sanders Pierce. Penelitian kualitatif memungkinkan penelitian untuk dijelaskan secara terperinci dan detail dengan gaya tulisan naratif. Data dan fakta yang ditemukan selama penelitian dijelaskan secara deskriftif kedalam bentuk paragaraf. Berdasarkan hasil penelitian ini makna yang terkandung menunjukan bahwa setiap simbol yang ditampilkan memiliki pemaknaan yang mengarah pada pesan sosial. Selain itu realitas sosial yang dibangun dalam iklan tersebut memiliki pengaruh sosial yang dapat merubah perilaku dan pandangan masyarakat. Makna yang tersirat dari iklan tersebut adalah mereka ingin menyampaikan bahwa pada saat ini posisi keadaan di masyarakat memang sudah banyak yang mengalami dampak buruk karna terpengaruhnya menggunakan handphone yang berlebih dan dapat menimbulkan dampak negatif pada diri kita maka dari itu kita sebagai masyarakat yang sudah mengenal teknologi harus menyikapi dengan bijak, dan juga pada saat menggunakan handphone atau bermain games harus baik dan benar menggunakannya. Kata Kunci : Analisis Semiotika, Iklan Layanan Masyarakat, Games
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 07:22 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 07:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43411 |
Actions (login required)
View Item |