QISTHI ANNISA RAMADHANI, 155030052 (2019) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PROSEDUR BERFOKUS PADA CARA MEMAINKAN ALAT MUSIK TRADISIONAL BEBASIS VIDEO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING DI KELAS VII SMPN 43 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 1.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 2.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ASBTRAK 3.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I fix.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II fix.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III fix.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text
BAB IV fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Mengidentifikasi merupakan suatu penyelidikan untuk memecahkan masalah pada suatu pembelajaran, dan digunakan sebagai alat untuk berpikir dan mengolah nalar secara lisan maupun tulisan. Metode snowball throwing merupakan metode belajar dengan cara peserta didik bekerja berkelompok dengan peserta didik yang lainnya untuk mengejerkan tugas yang diberioleh pendidik. Berkenaan dengan penjelasan di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran Mengidentifikasi Teks Prosedur Berfokus Pada Cara Memainkan Alat Musik Tradisional Bebasis Video dengan Menggunakan Metode Snowbal Throwing di Kelas VII SMPN 43 Bandung Tahun Pelajaran 2019-2020”. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik penelitian studi pustaka, uji coba, observasi, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitiannya yaitu penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran mengidentifikasi teks prosedur dengan menggunakan metode snowball throwing. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil rata-rata nilai kumulatif perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,66. Nilai tersebut termasuk ke dalam kategori sangat baik (A). Peserta didik kelas VII SMPN 43 Bandung mampu mengidentifikasi teks prosedur dengan tepat. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil nilai rata-rata pretes sebesar 37.33 kelas eksperimen dan 29.00 pada kelas kontrol, sedangkan nilai rata-rata postes sebesar 73.00 kelas ekpserimen dan 61.00 pada kelas kontrol. Terdapat perbedaan keefektifan metode Snowball Throwing dalam pembelajaran mengidentifikasi teks prosedur. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil uji hasil test statistics dalam uji Mann-Whitney Test Gain di atas, dapat kita ketahui bahwa nilai Asymp.Sig. (2-tailed) pretes sebesar 0.003 lebih kecil dari nilai 0.005 dan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) postes 0.001 lebih kecil dari nilai 0.005 Oleh karena itu, hipotesis diterima. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode snowball throwing mampu memberikan dampak positif pada proses pembelajaran membaca dan meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Kata kunci: Pembelajaran, Mengidentifikasi, Teks Prosedur, Metode Snowball Throwing
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 06:29 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 06:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43398 |
Actions (login required)
View Item |