PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA

NURLAILA AZIZAH, 155050055 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Depan.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Representasi matematis adalah kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya, kemampuan representasi matematis siswa di sekolah masih tergolong rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan representsi matematis dan self-efficacy siswa adalah model Inquiry Based Learning. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model Inquiry Based Learning berbantuan geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model Problem Based Learning; (2) mengetahui terdapat perbedaan self-efficacy siswa yang memperoleh model Inquiry Based Learning berbantuan geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem Based Learning; (3) mengetahui nilai efektivitas model Inquiry Based Learning berbantuan geogebra dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Pasundan 3 Bandung dan untuk sampelnya terdiri dari 2 kelas. Kelas X IPS 5 sebagai kelas eskperimen yang memperoleh model Inquiry Based Learning berbantuan geogebra dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang memperoleh model Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal uraian tes kemampuan representasi matematis dan angket self-efficacy. Data yang terkumpul kemudian diolah mengggunakan uji statistik parametrik pada data pretes-postes dengan bantuan software IBM SPSS 20.0 for windows dan efektivitas model pembelajaran menggunakan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model Inquiry Based Learning berbantuan geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model Problem Based Learning; (2) peningkatan self-efficacy siswa yang memperoleh model Inquiry Based Learning berbantuan geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem Based Learning; (3) efektivitas model Inquiry Based Learning berbantuan geogebra memiliki pengaruh besar dalam meningkatakan kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: Inquiry Based Learning berbantuan geogebra, kemampuan representasi matematis, self-efficacy

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2019 08:36
Last Modified: 12 Sep 2019 08:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43355

Actions (login required)

View Item View Item