KONSEP POP ART DENGAN TEKNIK KOLASE DALAM FOTOGRAFI KOMERSIAL. BUDYANSYAH SUDIRMAN:156020008

BUDYANSYAH SUDIRMAN dan Drs.Ir.Heru Budiantoro,.MM (2019) KONSEP POP ART DENGAN TEKNIK KOLASE DALAM FOTOGRAFI KOMERSIAL. BUDYANSYAH SUDIRMAN:156020008. Skripsi(S1) thesis, Fotografi & Film.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (988kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Dewasa ini, terdapat banyak ide-ide kreatif yang menggabungkan unsur-unsur seni ke dalam suatu karya visual yang dapat menarik perhatian orang lain, salah satunya adalah fotografi komersial. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana fotografi komersial dapat memvisualkan tren fashion yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memvisualkan tren fashion batik di kalangan anak muda kota Bandung dengan menggunakan konsep pop art dan teknik kolase melalui karya visual fotografi, juga dapat lebih memperkenalkankain batik di kalangan anak muda. Metode yang dilakukan untuk mengetahui fenomena tren fashion batik di kalangan anak muda adalah metode kualitatif, dengan tujuan untuk mendapatkan informasi dan data-data yang relevan dengan topik. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara ke beberapa narasumber yang memiliki informasi tentang fashion dan batik, serta studipustaka yang memiliki data-data yang berkaitan dengan topik. Hasil penelitian dilakukan dengan pembuatan karya fotografi komersial dengan konsep pop art dan teknik kolase. Proses pembuatan karya antara lainpenulis membuat konsep visual karya, memilih model, memilih wardrobe, melakukanpemotretan, dan melakukan proses digital (editing) untuk bisa mendapatkan karya visual fotografi komersial sesuai konsep yang telah dibuat. Digital imaging dilakukan untuk membuat layout teknik kolase dengan warna-warna pop yang dapat menarik perhatian audience. Terdapat 12 karya dengan enam desain pakaian batik modern, layout yang berbeda di setiap frame, serta menampilkan kesan pop art dan teknik kolase yang menarik dalam visual fotografi komersial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah fotografi komersial dapat digabung dengan unsur seni lainnya seperti pop art dan kolase untukmemperkenalkan tren fashion batik di kalangan anak muda.Kata kunci: fotografi komersial, pop art, kolase, batik, fashion

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Fotografi dan Film 2018
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 12 Sep 2019 04:15
Last Modified: 12 Sep 2019 04:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43329

Actions (login required)

View Item View Item