PEMBELAJARAN MEMBUAT PETA KONSEP DARI BUKU FIKSI YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BRAIN WRITING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NUSANTARA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

VINA NUR FATIMAH, 155030126 (2019) PEMBELAJARAN MEMBUAT PETA KONSEP DARI BUKU FIKSI YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BRAIN WRITING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NUSANTARA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. RINGKESAN.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB III.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSRAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Brain writing ialah model pembelajaran yang mengasah pikiran menuliskan ide-ide berdasarkan topik yang dibahas. Penelitian ini bertujuan memeroleh gambaran kefektifan model brain writing dalam pembelajaran membuat peta konsep dari buku fiksi yang dibaca pada peserta didik kelas VIII SMP Nusantara Bandung tahun pelajaran 2018/2019. Pembelajaran membuat peta konsep dari buku fiksi ialah kegiatan keterampilan menulis ide-ide pokok sesuai dengan cerita fiksi yang dibaca ke dalam sebuah peta konsep. Rumusan masalah yang penulis ajukan dirincikan dalam pertanyaan berikut. 1). Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran membuat peta konsep dari buku fiksi yang dibaca dengan menggunakan model brain writing? 2). Adakah perbedaan signifikan hasil pembelajaran membuat peta konsep dari buku fiksi yang dibaca antara kelas eksperimen yang menggunakan model brain writing dengan kelas kontrol yang menggunakan model pengajaran tak terarah? 3) . Bagaimakah keefektifan model brain writing dalam pembelajaran membuat peta konsep dari buku fiksi yang dibaca? Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1). Peneliti mampu merecanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran membuat peta konsep dari buku fiksi yang dibaca dengan menggunakan model brain writing, terbukti dari nilai RPP 3,8 dan pelaksanaan pembelajaran 3,5 diperoleh penulis. 2). Terdapat perbedaan signifikan hasil pembelajaran membuat peta konsep dari buku fiksi yang dibaca antara kelas eksperimen menggunakan model brain writing dengan kelas kontrol menggunakan model pengajaran tak terarah. Terbukti dari hasil belajar kelas eksperimen lebih unggul yaitu rata-rata pretes 24,34 dan postes 84,43, selisihnya 60,09, sedangkan kelas kontrol rata-rata pretes 22,52 dan postes 61,30, selisihnya 38,78. 3). Model brain writing efektif digunakan dalam pembelajaran membuat peta konsep dari buku fiksi yang dibaca. Terbukti dari hasil uji statistik diketahui thitung > ttabel yakni 25,45 > 17,45, sedangkan model pengajaran tak terarah pada kelas kontrol diketahui thitung < ttabel yakni 16,02 < 17,45. Artinya model brain writing efektif digunakan dalam pembelajaran membuat peta konsep dari buku fiksi yang dibaca. Kata kunci : Pembelajaran, peta konsep, buku fiksi, model brain writing.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2019 02:11
Last Modified: 06 Sep 2019 02:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42961

Actions (login required)

View Item View Item