PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEER FEEDBACK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP INTEGRITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 56 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NOFITA, 155030127 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEER FEEDBACK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP INTEGRITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 56 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK NOFITA FIX.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL SUNDA.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat seseorang dalam kegiatan menulis pada peserta didik. Rendahnya minat keterampilan menulis terutama dalam menulis teks persuasi. Metode Peer Feedback adalah metode yang digunakan untuk membuat peserta didik dapat memberikan masukan dan kritikan dari sebuah teks persuasi sehingga peserta didik menjadi aktif. Penulis tertarik mengangkat judul skripsi “Pembelajaran Menulis Teks Persuasi dengan Menggunakan Metode Peer Feedback untuk Meningkatkan Sikap Integritas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 56 Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019”. Metode penelitian yang digunakan Quasi Experimental yaitu Nonequivalent control group design, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini terbukti dengan hasil nilai yang didapat penulis dari pendidik mata pelajaran terkait sebesar 3,7 dengan kategori sangat baik (A) pada kelas eksperimen dan 3,6 dengan kategori sangat baik (A) pada kelas kontrol. Peserta didik kelas VIII SMP Negeri 56 Bandung mampu menulis teks persuasi menggunakan metode Peer Feedback untuk meningkatkan sikap integritas. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata prates pada kelas eksperimen sebesar 43,4 dan nilai rata-rata pascates sebesar 80,5. Sedangkan nilai rata-rata prates pada kelas kontrol sebesar 36,5 dan nilai rata-rata pascates sebesar 53,6. Nilai tersebut menunjukkan, bahwa terjadi peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 37,1 dan peningkatan pada kelas kontrol sebesar 17,1. Metode Peer Feedback efektif digunakan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Terdapat hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada N-Gain, kelas eksperimen sebesar 64,49 dan kelas kontrol sebesar 25,64. Dengan demikian, penulis dapat menyimpulkan, bahwa adanya keberhasilan dalam penelitian tersebut. Kata Kunci: Pembelajaran, Menulis, Persuasi, Karakter, Peer Feedback

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2019 09:55
Last Modified: 05 Sep 2019 09:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42932

Actions (login required)

View Item View Item