Elga Rosmawan, 145030021 (2019) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM KUMPULAN CERPEN KOMPAS 2010 MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMK ICB BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa inggris.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa sunda.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Reciprocal learning adalah model pembelajaran berupa kegiatan mengajarkan materi kepada teman. Pada model pembelajaran ini siswa berperan sebagai guru untuk menyampaikan materi kepada teman-temannya. Sementara itu guru lebih berperan sebagai model yang menjadi fasilitator dan pembimbing yang melakukan scaffolding. Model penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan eksperimen semu (quasi ek speriment). Bentuk pada penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. D alam penelitian kuantitatif terbagi lagi menjadi penelitian eksperimen, deskriptif korelasional, evaluasi, dan lain sebagainya. Jenis eksperimen yang digunakan adalah jenis nonequivalent control group design. Jenis nonequivalent control group design ini ha mpir sama dengan pretest posstest control group design, hanya saja pada jenis desain ini kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Berdasarkan hasil pengamatan ini diketahui bahwa model pembelajaran reciprocal learning tepat dig unakan dalam pembelajaran menginterpretasi nilai -nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek. Tujuan menggunakan model reciprocal learning adalah untuk mengembangkan kreativitas siswa, memupuk kerja sama antar siswa, menumbuhkan bakat siswa terutama dalam berbicara dan mengembangkan sikap. Hal ini dibuktikan dengan hasil gain bahwa di kelas eksperimen rata -rata nilai tinggi sebanyak 64,3%, sementara kelas kontrol sebagian besar kategori sedang 29,6%. Artinya model reciprocal learning lebih efektif dibandingkan model guided inquiry. Hal ini juga dibandingkan oleh rumus uji dua rata -rata yaitu 0,000 < 0,05 jadi bias disimpulkan berdasarkan hasil penelitian ini kemampuan siswa anu ngagunakeun model reciprocal learning lebih baik signifikansi di bandingka n model guided inquiry. Kata kunci : Reciprocal learning, scaffolding, quasi eksperiment, deskriptif korelasional, evaluasi, nonequivalent control group design, pretest posstest control group design.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Mar 2019 02:55 |
Last Modified: | 16 Mar 2019 02:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41809 |
Actions (login required)
View Item |