Dwi Suci Lestari, 152040033 (2019) PENGARUH PELUANG PASAR TERHADAP TUJUANPENJUALAN UKM KUE PIA KAWITAN PANGALENGAN, BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Image
004.jpg Download (405kB) |
|
Text
abstrak.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB 1 NEW.docx Download (144kB) |
|
Text
cover.docx Download (72kB) |
|
Text
BAB 2 NEW.docx Download (47kB) |
|
Text
daftarpustaka new.docx Download (29kB) |
Abstract
Kue Pia Kawitan merupakan usaha kuliner yang tengah berkembang yang beralamat di Alun-AlunPangalengan (GorPamor) RW 04 RT 01, Kabupaten Bandung Selatan, Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat permasalahan yang berhubungan dengan penjualan yang dilakukan oleh kue Pia Kawitan Pangalengan, Kabupaten Bandung Selatan seperti peluang pasar, pangsa pasar dan tujuan penjualan yang belum dilaksanakan secara maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara terstruktur dan penyebaran angket kepada 58 responden yaitu semua karyawan Kue Pia Kawitan Pangalengan. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana, analisis koefesien determinasi dan pengujian hipotesis Hambatan yang di hadapi oleh perusahaan Kue Pia Kawitan yaitu perusahaan kurang mampu mengembangkan potensi (skill) atau lambat bereaksi terhadap teknologi dan perusahaan kurang memanfaatkan media e-commerceseperti lazada, bukalapak, jd.id, dan shopee untuk mengiklankan ataupun menjual produknya melalui media sosial. Usaha yang harus di hadapi untuk menangulangi masalah adalah pemilik usaha hendaknya cepat tanggap atau bereaksi terhadap perubahan teknologi yang pesat.Pemilik usaha hendaknya mengiklankan atau menjual produk Kue Pia di media e-commerce seperti bukalapak, lazada, jd.id atau shopee agar produknya dikenal di seluruh indonesia dan guna meningkatkan profit penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peluang Pasar Kue Pia Kawitan Pangalengan Kabupaten Bandung Selatan, belum terealisasi dengan maksimalsehingga pemilik perlu memanfaatkan peluang – peluang pasar yang ada, mencari cara serta strategi untuk memanfaatkan peluang pasar dan merealisasikan strategi tersebut dalam dunia nyata, agar perusahaan dapat maju dan berkembang pesat. Namun, masih terdapat permasalahan dalam hal penjualan pada Kue Pia Kawitan Pangalengan Bandung, secara umum belum stabil dikarnakan selama 5 (lima) tahun terakhir yaitu terhitung dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2018 kondisi keuangan (laba) perusahaan Kue Pia Kawitan mengalami fluktuasi (ketidakstabilan). Penurunan penjualan tertinggi di tahun 2016 yaitu sebesar 31%. Saran yang dapat peneliti kemukakan antara lain,sebaiknya pemilik Kue Pia Kawitan memperluas jaringan pemasaran produknya yaitu mulai memasarkan produknya melalui e-commerce yang sudah tersedia saat ini seperti memasarkan di lazada, bukalapak, jd.id atau shopee.Sebaiknya pemilik Kue Pia Kawitan membuat suatu aplikasi untuk pengimputan keuangan masuk dan keluar otomatis dimicrosoft excel. Aplikasi tersebut berguna untuk mempermudahkan proses pengimputan data, meminimalisir data hilang dan perekapan data penjualan Kue Pia Kawitan setiap bulan atau tahun. Kata Kunci : Peluang pasar, penjualan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2015 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 15 Mar 2019 01:34 |
Last Modified: | 15 Mar 2019 01:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41690 |
Actions (login required)
View Item |