PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA KONSEP PENANGANAN LIMBAH

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENING, 105040007 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA KONSEP PENANGANAN LIMBAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.doc

Download (54kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.doc

Download (35kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc

Download (24kB)
[img] Text
4. KATA MUTIARA.doc

Download (40kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.doc

Download (38kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.doc

Download (29kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI BENER.docx

Download (23kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.doc

Download (29kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI BENER.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL DAN GAMBAR dan Lampiran.docx

Download (24kB)
[img] Text
PEMBATAS LAMPIRAN.docx

Download (38kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (124kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (596kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap partisipasi dan hasil belajar siswa kelas X pada konsep penanganan limbah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan “one group pretest dan postest design”. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X MIA 5 tahun ajaran 2013-2014. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berbentuk tes dan nontes, instrumen tes berupa soal objektif (pilihan ganda) 18 soal yang memenuhi kriteria hasil uji coba instrumen yaitu 16,6% mudah, 55,5% sedang dan 33,3% sukar. Instrumen tes diberikan pada saat pretest dan postest. Instrumen nontes berupa tabel skala sikap, lembar observasi psikomotor, lembar penilaian produk, angket respon siswa dan lembar observasi guru yang diberikan pada saat pembelajaran. Nilai rata-rata hasil pretest sebesar 50,98, rata-rata hasil postest 70,18 dengan peningkatan (N-gain) sebesar 0,41 dengan kriteria peningkatan sedang. Hasil penghitungan statistik untuk tes kognitif yang menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,27 > 2,567 maka hipotesis signifikan dengan tingkat kepercayaan 99% (0,01). Nilai aktivitas belajar siswa rata-rata 79,9% memiliki kriteria baik, aspek psikomotor siswa rata-rata 88,6% memiliki kriteria sangat baik, dan penilaian produk yang dibuat oleh siswa rata-rata 74% dengan kriteria baik. Respon siswa selama proses pembelajaran memiliki rata-rata 3,93 dengan kriteria sangat baik (positif) terhadap pembelajaran, sedangkan aktivitas guru selama melaksanakan pembelajaran memiliki rata-rata 91,85% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada konsep penanganan limbah dengan kriteria peningkatan sedang. Penulis menyarankan model pembelajaran Project Based Learning dapat digunakan pada materi yang lainnya, kemudia pada saat pembelajaran guru harus lebih menekankan materi pembelajaran yang bersangkutan kepada siswa, sehingga pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran tertentu akan lebih meningkat dengan baik. Kata kunci: Project Based Learning, hasil belajar, konsep penanganan limbah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2014
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:00
Last Modified: 15 Jun 2016 04:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/4023

Actions (login required)

View Item View Item