PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP MANDIRI DAN RASA INGIN TAHU SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema organ tubuh manusia dan hewan Subtema organ tubuh manusia dan hewan di Kelas V SDN Tilil III Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017)

Randy Dharmawan, 125060082 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP MANDIRI DAN RASA INGIN TAHU SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema organ tubuh manusia dan hewan Subtema organ tubuh manusia dan hewan di Kelas V SDN Tilil III Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI RANDY DHARMAWAN S.PD..pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK RANDY D.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS RANDY D.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (145kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mengambil judul tentang penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk menumbuhkan sikap mandiri kerjasama dan meningkatkan hasil belajar siswa tema organ tubuh manusia di SDN Tilil III Bandung di kelas V, berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, dalam penyajian proses pembelajaran terlihat masih monoton dimana guru masih mendominasi pembelajaran sehingga keterlibatan siswa dalam pembelajaran masih kurang. Selain faktor pengelolaan kelas, kendala yang lain adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat yaitu guru kebanyakan menggunakan metode ceramah yang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran dan siswa hanya sebagai pendengar sehingga menimbulkan pembelajaran yan g pasif. Begitu juga respon siswa kurang senang dengan gaya mengajar guru yang monoton.Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus setiap siklusnya terdiri dari satu pembelajaran adapun tahapannya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siswa kelas V dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan diantaranya pre test, post test, lembar observasi aktivitas siswa.Penelitian ini bertujuan menumbuhkan sikap mandiri dan rasa ingin tahu siswa di kelas V SDN Tilil III, Kecamatan Coblong, Kabupaten Bandung dengan menggunakan model Discovey Learning.Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat menumbuhkan sikap mandiri dan rasa ingin tahu siswa yaitu pada siklus I presentase hasil belajar pengetahuan siswanya 39,29% presentase hasil penilaian sikap 8,4% pada siklus II lembar hasil belajar persentasenya mendapatkan 23,5% dengan kategori baik. Kata kunci: Discovery Learning, Sikap Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 31 Oct 2018 07:16
Last Modified: 31 Oct 2018 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40186

Actions (login required)

View Item View Item