PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN MANDIRI SERTAMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Tentang Tema 2 Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema 3 Manusia Dan Peristiwa Alam Di Kelas V SDN Tilil II Bandung Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 )

Rizqo Prio Khusumaedi, 125060076 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN MANDIRI SERTAMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Tentang Tema 2 Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema 3 Manusia Dan Peristiwa Alam Di Kelas V SDN Tilil II Bandung Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER skripsi RIZQO.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (159kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan mandiri serta menigkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada tema 2 peristiwa dalam kehidupan subtema 3 manusia dan peristiwa alam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN II Tilil Kecamatan Coblong Kota Bandung dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan mandiri di dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 3 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpula n/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian sikap rasa ingin tahu dan mandiri nilai rata-rata terlihat dari pertemuan pertama pada data awal 46,6% dan setiap siklusnya, pada siklus I siswa mencapai KKM sebanyak 26 siswa atau 81,6%, dan pada siklus II mencapai KKM sebanyak 27 siswa atau 89,3 %. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan mandiri serta meningkatkan hasil belajar siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan subtema manusia dan peristiwa alam di kelas V SDN II Tilil Coblong Kota Bandung. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: Problem Based Learning, rasa ingin tahu, mandiri, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 31 Oct 2018 07:09
Last Modified: 31 Oct 2018 07:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40183

Actions (login required)

View Item View Item