Lisna Agustina, 145060117 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Tema Bermain di Lingkunganku Subtema Bermain di Lingkungan Sekolah di Kelas II SDN Babakan Salam Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
0. COPER SKRIPSI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
1.ABSTRAK B.INDONESIA.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
2.ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
3.ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (490kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model cooperative tipe picture and picture terhadap hasil belajar pada tema bermain di lin gkungan ku subtema bermain di lingkungan sekolah siswa kelas II A dan kelas II B SDN Babakan Salam. Model pembelajaran cooperative tipe picture and picture model yang cocok di gunakan di kelas II SD karena dapat menjadikan siswa aktif, berfikir kritis, sistematis, dan mandiri sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest untuk mengambil data hasil belajar. Sampel yang digunakan yaitu kelas II A sebagai kelas eksperimen menggunakan model cooperative tipe picture and picture dan kelas II B sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional di SDN Babakan Salam. Teknik pengolahan data yang dilakukan mengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji mann withney, dan uji gain ternormalisasi dilakukan dengan bantuan SPSS 17. Hasil analisis data dari pada penelitian ini ini terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan sebesar 0,45 melalui uji Mann witney, terdapat peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen sebanyak 50% dan 30% di kelas kontrol melalui uji gain, dan terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative tipe picture and picture sebesar 0,000 yang berkategorikan besar melalui uji Mann witney. Dengan demikian model pembelajaran cooperative tipe picture and picture memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa di kelas II SD. Kata kunci : model pembelajaran cooperative tipe picture and picture, hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 04:54 |
Last Modified: | 29 Oct 2018 04:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40025 |
Actions (login required)
View Item |