PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi kasus kelas X IPS 3 SMA Negeri 9 Bandung pada materi ajar koperasi)

Rafi Dwi Sugama, 135020022 (2018) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi kasus kelas X IPS 3 SMA Negeri 9 Bandung pada materi ajar koperasi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 3 SMA Negeri 9 Bandung”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran microsoft powerpoint pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS3 SMA Negeri 9 Bandung, serta mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran powerpoint. dan untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan media pembelajaran microsoft powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 9 Bandung sebagai kelas ekperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas X IPS 4 SMA Negeri 9 Bandung sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil pengujian normalitas diketahui bahwa uji normalitas pretest data berdistribusi normal karena X 2 hitung (7,41)<X 2 tabel(7,81). Dan uji normalitas posttest data berdistribusi normal karena X 2 hitung(8,93)<X 2 tabel(9,48). Berdasarkan pengujian hipotesis diketahui bahwa uji hipotesis data signifikan karena T hitung (17,08) > T table (2,04). Hal ini berarti Ho ditolak. Dan Ha diterima karena terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata pretest (41,4) dan posttest (73,22). Nilai koefisien deteminasi (KD) adalah 0,6561 atau 65,61%. Angka ini menunjuakan bahwa 65,61% hasil belajar siswa dipengaruhi media pembelajarn Powerpoint , sedangkan sisanya 34,39% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan angka koefisien determinasi di atas, diketahui bahwa penerapan media pembelajaran powerpoint mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi di SMA Negeri 9 Bandung. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa antara kelas control dan eksperimen. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran microsoft powerpoint dapat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menguasai materi pembelajaran.Adapun saran yang direkomendasikan adalah hendaknya guru dapat bekerja sama dengan siswa untuk menciptakan kondisi belajar yang lebih baik serta dapat menguasai dan menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar sehingga penyampaian materi pembelajaran akan lebih efektif. Kata kunci : Media Pembelajaran Microsoft powerpoint, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Oct 2018 06:42
Last Modified: 25 Oct 2018 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39926

Actions (login required)

View Item View Item