ARIES BUDIMAN, 135060318 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas Di SDN Sidamukti 2 Kabupaten Majalengka Kelas IV Semester II Tahun Akademik 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak Indonesia.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak Inggris.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak Sunda.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I - Pendahuluan.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II - Kajian Teori Dan Kerangka Pemikiran.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB III - Metode Penelitian.pdf Download (293kB) | Preview |
|
Text
8. BAB IV - Hasil Penelitian Dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (810kB) |
||
Text
9. BAB V - Simpulan Dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Download (24kB) | Preview |
Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidamukti 2 pada subtema lingkungan tempat tinggalku dengan menggunakan model Problem Based Learning. Peneliti ini didasari dari kurangnya keaktifan siswa dikelas sehingga berdampak pada hasil belajar yang cenderung rendah. Peneliti ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik evaluasi yang digunakan adalah tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan non tes digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran model Problem Based Learning dan kinerja peneliti sebagai guru. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi penelitian pelaksanaan pembelajaran, lembar sikap, lembar keterampilan dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berhasil meningktkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan persentase rasa ingin tahu dalam belajar pada siklus I 12,5% ada peningkatan di siklus II sebesar 45% dan meningkat di siklus III sebesar 80%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I adalah 30% meningkat pada siklus II menjadi 65% dan tuntas pada siklus III menjadi 87,5%. Sedangkan untuk keterampilan mengalami ketuntasan pada siklus II hasil dari siklus I adalah 22,5% meningkat menjadi 82%. Dengan demikian penggunaan model Problem Based Learning terbukti sangat sangat berpengaruh terhadap peningkatan terhadap sikap rasa ingin tahu, hasil belajar dan keterampilan siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 03:23 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 03:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39876 |
Actions (login required)
View Item |