PENGARUH EKSPOR KERAJINAN MENDONG KE NEGARA JEPANG TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DAN EKONOMIKOTA TASIKMALAYA

Bisma Dwi Prasetya, 142030106 (2018) PENGARUH EKSPOR KERAJINAN MENDONG KE NEGARA JEPANG TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DAN EKONOMIKOTA TASIKMALAYA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER.docx

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (53kB)
[img]
Preview
Image
New Doc 2018-10-22_1.jpg

Download (155kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (724kB)

Abstract

Indonesia sebagai salah satu negara yang mengandalkan sistem perekonomian terbuka sangat mengandalkan adanya perdagangan internasional untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, yaitu dengan cara aktifitas ekspor. Jepang adalah salah satu mitra dagang Negara Indonesia, hubungan perdagangan Indonesia dengan Jepang terjalin dengan sangat baik, bahkan Jepang kini menjadi eksportir terbesar kedua produk kerajinan tangan setelah Amerika Serikat, kebiasaan masyarakat Jepang yang menyukai barang-barang ramah lingkungan menjadi alasan Indonesia melirik Jepang untuk mengekspor produk kerajinan tangan yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Mendong adalah salah satu produk kerajinan tangan khas Kota Tasikmalaya yang sudah diekspor ke berbagai negara salah satunya adalah negara Jepang, Mendong terbuat dari tanaman yang biasa tumbuh di rawa-rawa, dengan keahlian tangan para pengrajin, Mendong bisa diolah menjadi berbagai macam produk yang bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Hal yang menarik bagi penulis adalah apa pengaruh ekspor kerajinan mendong ke negara Jepang dan bagaimana kontribusi ekspor kerajinan mendong ke negara Jepang terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Tasikmalaya? sehingga hal tersebut dapat mensejahterakan para pengrajin Mendong sektor Usaha Kecil Menengah sekaligus menumbuhkan perekonomian Kota Tasikmalaya. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang perkembangan ekspor kerajinan Mendong terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Tasikmalaya.Sedangkan manfaat atau kegunaan penelitian ini adalah agardapatdigunakanuntukmengembangkankajianpenelitianselanjutnya yang berhubungandengantopikpenelitianini. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah deskripsi yang menggambarkan, menganalisis, mengklarifikasikan, danmenginterprestasikansuatuperistiwaataugejalaberdasarkanpengamatandanmasalahaktual yang relevan. Suatuperistiwadalamhaliniadalah pengaruh ekspor kerajinan Mendong ke negara Jepang terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Tasikmalaya. Hasil temuan dari penelitian ini adalah: Perekonomian Kota Tasikmalaya mengalami pertumbuhan dengan adanya ekspor kerajinan Mendong sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) ke Negara Jepang karena adanya pajak dari omzet penjualan para pengrajin Mendong, selain itu, Kota Tasikmalaya bisa lebih dikenal oleh masyarakat dunia dengan banyaknya sentra-sentra berbagai produk kerajinan tangan khas Kota Tasikmalaya. Kata kunci: Ekspor, Kerajinan Mendong, Usaha Kecil Menengah, Pertumbuhan Ekonomi Kota Tasikmalaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 22 Oct 2018 08:13
Last Modified: 22 Oct 2018 08:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39544

Actions (login required)

View Item View Item