PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING (CL) BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI

NURISA WULANDARI, 145040021 (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING (CL) BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan penerapan model cooperative learning (CL) berorientasi web dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan menggunakan desain penelitian One-Grup Pretest-Posttest serta angket pada Peserta Didik kelas X SMA Nasional Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019. Instrumen pada penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 10 soal. Data Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows melalui uji normalitas dengan uji statistik Shapiro-Wilk selanjutanya dilakukan pengujian hipotesis. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata Pretest 37.5 dan skor rata-rata Posttest sebesar 78.9 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0.88 dengan kategori tinggi. Kemudian hasil penilaian pada aspek afektif mendapatkan skor rata-rata 77.78 dengan kategori baik dan hasi penilaian pada aspek psikomotor skor rata-rata 92.22 dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil angket dari keseluruhan peserta didik didapatkan respon positif sebesar 88.12% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai 0.000 atau nilai signifikansi <0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative learning (CL) berorientasi web. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative learning (CL) berorientasi web pada konsep Keanekaragaman Hayati dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Cooperative Learning (CL), Web, Literasi Informasi, Hasil Belajar Peserta Didik, Keanekaragaman Hayati

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2018 06:34
Last Modified: 18 Oct 2018 06:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39389

Actions (login required)

View Item View Item