MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI WEB PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATION SISWA DI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG

PENI PRIMASARI, 145040080 (2018) MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI WEB PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATION SISWA DI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning berorientasi WEB dapat meningkatkan Self-regulation siswa pada konsep klasifikasi makhluk hidup di kelas X IPA SMA Pasundan Bandung. Dalam penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan self-regulation pada siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian yaitu kelas X IPA 3 di SMA Pasundan 3 Bandung yang berjumlahkan siswa 39 orang. Pada penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dan instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest, posttest dan angket. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada hasil pretest siswa memperoleh hasil yang rendah yaitu dengan skor 23 dan setelah dilaksanakannya proses pembelajaran dengan metode problem based learning berorientasi web, kemudian dilakukan posttest siswa memperoleh hasil yang sangat tinggi dengan skor 93, dan meningkatnya self-regulation atau pengendalian diri pada siswa dengan perolehan skore 75 yang dapat dikategorikan baik. Dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini metode problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan selft-regulation atau pengendalian diri siswa untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran klasifikasi makhluk hidup. Kata kunci : Problem Based Learning, Self-Regulation, Klasifikasi Makhluk Hidup

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2018 04:09
Last Modified: 18 Oct 2018 04:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39380

Actions (login required)

View Item View Item