PEMANFAATAN METODE PERTANYAAN SOCRATES DALAM PEMBELAJARAN BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP JARINGAN TUMBUHAN

AZIZA LESTARI, 145040078 (2018) PEMANFAATAN METODE PERTANYAAN SOCRATES DALAM PEMBELAJARAN BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP JARINGAN TUMBUHAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa sunda.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pemanfaatan metode pertanyaan Socrates dalam pembelajaran berorientasi web dapat menigkatkan kemampuan literasi informasi dan hasil belajar siswa pada konsep jaringan tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dan menggunakan model desain one-group pretest-posttest design. Subjek pada penelitian ini ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIPA di SMA Nasional kota Bandung. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Hasil penelitian pada kemampuan literasi informasi menunjukkan indeks N-Gain sebesar 0,40 dengan kategori sedang. Untuk hasil belajar ranah kognitif menunjukkan hasil indeks N-Gain sebesar 0,78 dengan kategori sedang. Dengan perolehan rata-rata nilai pre-test sebesar 37,5 dan post-test sebesar 75, 3. Hasil belajar ranah afektif didapatkan dengan rata-rata nilai 86,8 dengan kategori sangat baik. Untuk hasil belajar ranah psikomotor diperoleh rata-rata nilai sebesar 83 dengan kategori sangat baik. Hasil respon siswa yang didapatkan menggunakan angket diperoleh rata-rata persentase sebesar 86%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan metode pertanyaan Socrates dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa pada konsep jaringan tumbuhan. Kata kunci: Metode Pertanyaan Socrates, WEB, Literasi Informasi, Hasil Belajar, Jaringan Tumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2018 02:46
Last Modified: 24 Oct 2018 06:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39368

Actions (login required)

View Item View Item