UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALIA

AMRILLAH ISTITHOAH, 145040108 (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ING.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media realia sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIPA 6 berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel dilakukan secara purpossive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas kontrol mendapatkan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,3 dengan kategori sedang sedangkan kelas eksperimen mendapatkan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,5 dengan kategori sedang. Pada uji kesamaan dua rata-rata pretest mendapatkan signifikansi 0,909 sedangkan pada uji perbedaan dua rata-rata posttest mendapatkan signifikansi 0,007. Dengan arti pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen sama secara signifikan sedangkan postest kelas kontrol dan kelas eksperimen berbeda secara signifikan yaitu kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Demikian hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Realia, Klasifikasi Makhluk Hidup

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2018 06:54
Last Modified: 17 Oct 2018 06:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39344

Actions (login required)

View Item View Item