PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH-SOLVE-CREATE-SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Yuyun Yunengsih, 145040007 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH-SOLVE-CREATE-SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 ACC.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ACC.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ACC.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
BAB IV ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
BAB V ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIPA SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung. Hal ini dikarenakan proses pengajaran masih menggunakan buku sebagai sumber belajar, sehingga 55% peserta didik mendapat nilai di bawah KKM 72. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah penggunaan model pembelajaran SSCS pada materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experiment dengan desain penelitian nonequivqlenty control group design. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest. Instrument kognitif dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 10 soal, instrumen afektif menggunakan rubrik, dan instrumen psikomotor menggunakan rubrik. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan bantuan program software IBM SPSS 25 for windows yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). berdasarkan hasil analisis dan hipotesis dari posttest menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi pada Sig. (2-tiled) yaitu sebesar 0,003 dengan demikian nilai ½ signifikansi < 0,05 maka hipotesi (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran SSCS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi keanekaragaman hayati. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Search-Solve-Create-Share (SSCS), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2018 02:26
Last Modified: 17 Oct 2018 02:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39252

Actions (login required)

View Item View Item