Yuyun Yunengsih, 145040007 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH-SOLVE-CREATE-SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 ACC.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ACC.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ACC.pdf Download (613kB) | Preview |
|
Text
BAB IV ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
||
Text
BAB V ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIPA SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung. Hal ini dikarenakan proses pengajaran masih menggunakan buku sebagai sumber belajar, sehingga 55% peserta didik mendapat nilai di bawah KKM 72. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah penggunaan model pembelajaran SSCS pada materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experiment dengan desain penelitian nonequivqlenty control group design. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest. Instrument kognitif dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 10 soal, instrumen afektif menggunakan rubrik, dan instrumen psikomotor menggunakan rubrik. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan bantuan program software IBM SPSS 25 for windows yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). berdasarkan hasil analisis dan hipotesis dari posttest menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi pada Sig. (2-tiled) yaitu sebesar 0,003 dengan demikian nilai ½ signifikansi < 0,05 maka hipotesi (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran SSCS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi keanekaragaman hayati. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Search-Solve-Create-Share (SSCS), Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 02:26 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 02:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39252 |
Actions (login required)
View Item |