YANISA HASANAH dan Harry Reinaldy S.Sn,.M.Pd (2018) PROSES ALIH MEDIA NOVEL DILAN 1990 MENJADI SKENARIO KE FILM LAYAR LEBAR. YANISA HASANAH 146020014. Skripsi(S1) thesis, Fotografi & Film.
|
Text
cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (968kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (936kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (294kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses alih medi a novel menjadi skenario film yang sering disebut dengan ekranisasi dalam bentuk kategorisasi aspek penciutan (pemangkasan) , penambahan (perluasan) , maupun perubahan bervariasi dalam ekranisasi novel Dilan 1990 menjadi skenario film Dilan 1990 karya Pidi B aiq dan Fajar Bustomi . Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Dilan 1990 karya Pidi . Fokus penelitian berupa proses dari alih media novel Dilan 1990 menjadi skenario film . Instrumen peneliti an ini adalah human instrument . Data diperoleh dengan teknik studi kepustakaan, observasi, dan wawancara . Menilai kualitas data dengan melakukan perbandingan. Menganalisa data, menafsirkan data dan membuat kesimpulan atau temuan. Hasil penelitian ini menun jukkan bahwa proses ekranisasi yang terjadi pada unsur alur, tokoh, dan latar, yaitu adanya penciutan, penambaham, dan perubahan bervariasi. Penciutan alur, tokoh, dan latar terjadi karena media yang digunakan dalam pembuatan novel dan skenario film berbed a. Secara keseluruhan penciutan yang dilakukan dalam visualisasinya ke bentuk skenario film masih wajar dilakukan karena penghilangan cerita, tokoh, dan latar diambil pada bagian yang tidak begitu penting untuk divisualisasikan. Penambahan alur, tokoh, dan latar dalam skenario film secara keseluruhan masih relevan dangan cerita yang ada dalam novel, hanya saja pada visualisasi dalam film dibuat lebih menarik dengan banyaknya konflik cerita, adanya tokoh dan latar tambahan yang dimunculkan sehingga cerita da lam film tid ak monoton seperti dalam novel, serta dapat menambah esensi film sehingga penonton akan terbawa masuk dalam alur cerita. Adapun perubahan bervariasi pada alur, tokoh, dan latar yang dilakukan dalam visualisasinya ke bentuk film secara keseluruh an tidak jauh melenceng dari penggambaran yang ada pada novel. Kata Kunci : Dilan 1990 , Ekranisasi , film
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Fotografi dan Film 2018 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 06:42 |
Last Modified: | 16 Oct 2018 06:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39233 |
Actions (login required)
View Item |