PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Sindangkempeng Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2018/2019 )

Ari Purnama, 145060081 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Sindangkempeng Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2018/2019 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (905kB) | Preview
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa melelui model pembelajaran Discovery Learning pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Sindangkempeng Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keadaan siswa kelas IV SDN 2 Sindangkempeng yang kurang percaya diri dan hasil belajar dalam pembelajaran dikarenakan guru kurang memberikan model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa yang mengakibatkan pembelajaran kurang menyenangkan dan siswa merasa cepat bosan dengan pembelajaran tersebut. Penelitian ini meggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan percaya diri siswa. Hasil penelitian penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian hasil belajar dan percaya diri. Pada hasil penilaian pembelajaran siklus I belum mencapai kategori tuntas dengan nilai rata -rata pretest 51 dan postes 58 dengan persentase 14%. Hasil belajar siklus II nilai rata-rata pretest 74 dan posttes 79 dengan persentase 79% mengalami peningkatan akan tetapi belum mencapai hasil yang diinginkan yaitu 80% dan pada siklus III hasil belajar siswa meningkat dengan kategori tuntas dengan rata -rata nilai pretes 76 dan postes 79. Pada penilaian percaya diri siswa nilai rata-rata siklus I yaitu 47 dan siklus II mencapai 76 sedangkan siklus III mencapai 80. Pada penilai pisikomotor nilai rata-rata siklus I 68, siklus II 77 dan siklus III 80. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dan percaya diri siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN 2 Sindangkempeng. Dengan demikian, model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan percaya diri siswa. Kata kunci : discovery learning, hasil belajar, percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2018 02:41
Last Modified: 16 Oct 2018 02:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39216

Actions (login required)

View Item View Item