PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Manusia dan Lingkungan di Kelas V SDN Cicalengka 07 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

Utun Deriyansah, 145060142 (2018) PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Manusia dan Lingkungan di Kelas V SDN Cicalengka 07 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER Skripsi utun.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b indonesia utun.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b inggris utun.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b sunda utun.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I utun.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II utun.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III utun.pdf

Download (807kB) | Preview
[img] Text
BAB IV utun.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V utun.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA utun.pdf

Download (307kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melelui model pembelajaran Kooperatif tipe NHT pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia subtema Manusia dan Ligkungan di kelas V SDN Cicalengka 07 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Penelitian dilatarbelakangi dengan kurangnya sikap peduli, tanggung jawab, keterampilan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sikap peduli, tanggung jawab, keterampilan dan hasil belajar siswa. Pada siklus I presentasi sikap peduli siswa sebesar 73% dengan kategori baik. Pada siklus II sebesar 80% dengan kategori sangat baik dan pada siklus III sebesar 97% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I presentase sikap tanggung jawab siswa sebesar 73% dengan kategori baik. Pada siklus II sebesar 81% dengan kategori sangat baik dan pada siklus III sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I presentase keterampilan siswa sebesar 74% dengan kategori baik. Pada siklus II sebesar 81% dengan kategori sangat baik dan pada siklus III sebesar 82% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I rata -rata penilaian hasil belajar siswa pree test post test sebesar 69 dengan presentase 50%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar pree test dan post test siswa sebesar 73 dengan presentase 70% dan pada siklus III sebesar 77 dengan presentase 90%. Dengan demikian analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia subtema Manusia dan Lingkungan. Kata Kunci : Hasil belajar, kooperatif tipe NHT, siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:12
Last Modified: 15 Oct 2018 06:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39163

Actions (login required)

View Item View Item