PENGARUH KONDISI SARANA PRASARANA KELAS TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SD DI KECAMATAN KADIPATEN KABUPATEN MAJALENGKA

Hilya Azkiyani Hanifa, 145060144 (2018) PENGARUH KONDISI SARANA PRASARANA KELAS TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SD DI KECAMATAN KADIPATEN KABUPATEN MAJALENGKA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.ABSTRAK B.SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB II.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.BAB III.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
11.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Standar sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu upaya menunjang proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa di sekolah. Guru harus memperhatikan penggunaan sarana prasarana agar bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran, serta penggunaan sarana prasarana dapat efektif dan efisien sesuai dengan tujuan pendidikan. Sarana prasarana di SD Kecamatan Kadipaten masih tergolong rendah bahkan nilai rata-rata ulangan harian siswanyapun masih tergolong cukup. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh kondisi sarana prasarana kelas terhadap proses dan hasil belajar siswa SD di Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka. Penelitian ini memiliki populasi berjumlah 18 Sekolah Dasar. Sampel yang diteliti sebanyak 3 Sekolah Dasar dan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, pengamatan (observasi), dan dokumentasi, berupa nilai ulangan harian siswa semester gasal Tahun 2018/2019. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sehingga diperoleh semua butir item valid dan reliable yaitu berjumlah 50 butir item dengan 32 responden.Teknik analisis data yang digunakan adalah metode statistika yang sudah tersedia yaitu seperti analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi sederhana. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sarana prasarana sebesar 80,6% terhadap hasil belajar siswa, dan 19,4% sisanya di pengaruhi oleh variabel lain. Dan sarana prasarana berpengaruh sebesar 86,6% terhadap proses belajar mengajar, dan 13,4% sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian. Kata kunci: Sarana Prasarana, Proses Belajar Mengajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:59
Last Modified: 15 Oct 2018 03:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39143

Actions (login required)

View Item View Item