PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI CISOGA 01 (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Peserta Didik Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman Kelas IV SD Negeri Cisoga 01)

LUTFI YULFINDA RESMI, 145060156 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI CISOGA 01 (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Peserta Didik Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman Kelas IV SD Negeri Cisoga 01). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
145060156 COVER LUTFI YULFINDA RESMI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ALHAMDULILLAH.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II LUTFINDA ALHAMDULILLAH.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III LUTFINDA RESMI.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
BAB IV LUTFINDA RESMI (2.1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] Text
BAB V LUTFINDA RESMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan di lapangan bahwa proses hasil belajar berlangsung masih secara satu arah, pendidik masih mendominasi penggunaan metode ceramah, rendahnya hasil belajar yang diperoleh, sehingga peserta didik kurang aktif pada proses pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan model Discovery Learning di kelas IV SD Negeri Cisoga 01 Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalan 2 siklus, setiap siklusnya dilakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas peserta didik terhadap sikap kerjasama. Adapun penulaian kognitif hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai 48% dan pada siklus II memperoleh nilai 100%. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 52%. Penilaian sikap kerjasama siklus I memperoleh nilai 70% dan pada siklus II memperoleh nilai 100%. Dapat terlihat peningkatan sikap kerjasama dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 30%. Kesimpulan penelitian ini, penggunaan model Discovery Learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman, sehubungan dengan hal itu direkomendasikan kepada pendidik untuk menggunakan model Discovery Learningsebagai salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Discovery Learning, penelitian tindakan kelas, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:39
Last Modified: 15 Oct 2018 03:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39137

Actions (login required)

View Item View Item