PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Semester 1 SDN Cibolerang Kabupaten Bandung)

ZULFA ARY KUSMIATI, 145060199 (2018) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Semester 1 SDN Cibolerang Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Cibolerang. Hal ini dikarenakan pendidik belum melibatkan peserta didik pada kegiatan pembelajaran sehingga tidak berpusat pada peserta didik. Pembelajaran masih menerapkan model konvensional, karena peserta didik belum diberikan kesempatan untuk mengarahkan sendiri cara belajarnya. Maka dari itu perlu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan yang dapat hasil belajar peserta didik, salah satunya dengan penerapan cooperative learning tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua siklus, pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian yang dilakukan dengan subjek peserta didik yang berjumlah 20 orang menghasilkan peningkatan hasil belajar peserta didik dari setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 83% lalu pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 100%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan, pada siklus I 77 dan pada siklus II sebesar 93. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan cooperative learning tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Sehingga penelitian ini dapat dinyat akan berhasil dengan nilai akhir menunjukan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Kata Kunci: cooperative learning tipe Numbered Head Together, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:30
Last Modified: 15 Oct 2018 03:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39131

Actions (login required)

View Item View Item