PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Negeri Cicalengka 07 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung)

Tria Trinika Dewi, 145060127 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Negeri Cicalengka 07 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ACC.pdf

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ACC.pdf

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ACC.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV ACC ALHAMDULILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA TRIA FIX.pdf

Download (26kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Cicalengka 07. Hal ini dikarenakan pendidik belum melibatkan peserta didik pada kegiatan pembelajaran sehingga tidak berpusat pada peserta didik. Pembelajaran masih menerapkan model konvensional, karena peserta didik belum diberikan kesempatan untuk mengarahkan sendiri cara belajarnya. Serta rasa percaya diri peserta didik rendah, karena pendidik belum membantu meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Maka dari itu perlu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik, salah satunya dengan penerapan model Discovery Learning pada subtema Manusia dan Lingkungan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua siklus, pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian yang dilakukan dengan subjek peserta didik yang berjumlah 30 orang menghasilkan peningkatan rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik dari setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan rasa percaya diri peserta didik mencapai 70% lalu pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 87% peserta didik memiliki kepercayaan diri. Kemudian, pada siklus I ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 83%, dan pada siklus II mencapai 100%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan, pada siklus I 67,83 dan pada siklus II sebesar 92,5. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik pada subtema Manusia dan Lingkungan. Sehingga penelitian ini dapat dinyatakan berhasil dengan nilai akhir menunjukan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Kata Kunci: Discovery Learning, rasa percaya diri, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:59
Last Modified: 16 Oct 2018 04:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39120

Actions (login required)

View Item View Item