Tria Trinika Dewi, 145060127 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Negeri Cicalengka 07 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
A. COVER.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I ACC.pdf Download (812kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ACC.pdf Download (841kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ACC.pdf Download (712kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
Text
BAB IV ACC ALHAMDULILLAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA TRIA FIX.pdf Download (26kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Cicalengka 07. Hal ini dikarenakan pendidik belum melibatkan peserta didik pada kegiatan pembelajaran sehingga tidak berpusat pada peserta didik. Pembelajaran masih menerapkan model konvensional, karena peserta didik belum diberikan kesempatan untuk mengarahkan sendiri cara belajarnya. Serta rasa percaya diri peserta didik rendah, karena pendidik belum membantu meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Maka dari itu perlu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik, salah satunya dengan penerapan model Discovery Learning pada subtema Manusia dan Lingkungan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua siklus, pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian yang dilakukan dengan subjek peserta didik yang berjumlah 30 orang menghasilkan peningkatan rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik dari setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan rasa percaya diri peserta didik mencapai 70% lalu pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 87% peserta didik memiliki kepercayaan diri. Kemudian, pada siklus I ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 83%, dan pada siklus II mencapai 100%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan, pada siklus I 67,83 dan pada siklus II sebesar 92,5. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik pada subtema Manusia dan Lingkungan. Sehingga penelitian ini dapat dinyatakan berhasil dengan nilai akhir menunjukan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Kata Kunci: Discovery Learning, rasa percaya diri, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 02:59 |
Last Modified: | 16 Oct 2018 04:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39120 |
Actions (login required)
View Item |