PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat)

KODARIAH ISMA DEWI, 145060149 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
A. COVER_SKRIPSI.PDF

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.PDF

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.PDF

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSRAK BAHASA SUNDA.PDF

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB Il.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model tipe STAD pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 01 Cipanas tahun ajaran 2018/2019 yang dilatarbelakangi dengan keadaan pesertadidik yang kurang aktif dikarenakan pendidik belum melibatkan peserta didik pada kegiatan pembelajaran sehingga tidak berpusat pada peserta didik. Hasil belajar peserta didik yang diperoleh rendah, karena pendidik belum membantu dalam mengembangkan keterampilan dan proses kognitif yang dimiliki peserta didik. Minat belajar peserta didik sangat kurang, karena kurangnya keterlibatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Maka dari itu perlu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik, salah satunya dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase ketuntasan sebesar 67%, danpada siklus II memperoleh presentase ketuntasan 100%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan, pada siklus I 68,5 dan pada siklus II sebesar 77,5.Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Sehingga penelitian ini dapat dinyatakan berhasil dengan nilai akhir menunjukan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Kata Kunci : Student Team Achievment Division (STAD), hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:40
Last Modified: 15 Oct 2018 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39111

Actions (login required)

View Item View Item