PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Deskriptif Kuantitatif di Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung)

Dayanti Sukmawati, 145060167 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Deskriptif Kuantitatif di Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstak Bahasa Indonesia.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Basa Sunda.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Strategi pembelajaran berbasis masalah merupakan merupakan salah satu strategi pembelajaran yang inofatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif pada siswa. Berdasaarkan observasi awal di Kecamatan Bojongloa Kaler diidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa masih kurang dan kurangnya penggunaan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah . 2) Mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. 3) Mendeskripsikan besarnya pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dilakukan di Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung dengan populasi sebanyak 100 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket, dokumentasi, dan wawancra. Uji coba instrument angket menggunakan uji validitas dan uji reabilitas pada 32 butir pernyataan dan diperoleh titik kritis reliable 0,998. Analisis data yang digunakan uji hipotesis klasik dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah 72,1 dengan kategori baik. Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan straetegi pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengantaraf signifikan a=0,05, dengan t hitung>t tabel atau 4941> 1985 maka Ha diterima, artinya signifikan. Besaran pengaruh Strategi pembelajaran berbasis masalah dilihat dari nilai KD (R-Square) bernilai 0,199 atau 19,9%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah memberikan kontribusi/pengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis sebesar 19,9%, sedangkan sisanya sebesar 100%-19,9%= 80,1 % merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:29
Last Modified: 15 Oct 2018 02:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39107

Actions (login required)

View Item View Item