PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM POKOK BAHASAN IPA (Kuasi Eksperimen di kelas V SD Negeri Sekarwangi Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung dalam Pokok Bahasan IPA Tahun Ajaran 2018/2019)

Rizka Disa Nurfaidah, 145060141 (2018) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM POKOK BAHASAN IPA (Kuasi Eksperimen di kelas V SD Negeri Sekarwangi Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung dalam Pokok Bahasan IPA Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
0. COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Ringkesan.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I FIX .pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan pemahaman konsep IPA siswa di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian adalah untuk melihat peningkatan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa, mengetahui bagaimana pengaruh model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament dan Two Stay Two Stray terhadap peningkatan pemahaman konsep IPA siswa. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas VA dan VB di Sekolah Dasar Negeri di Soreang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) tidak terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa yang memeroleh pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament dengan pemahaman konsep siswa yang memeroleh pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray; 2) kualitas peningkatan pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament sebesar 32.93% dengan interpretasi sedang; 3) kualitas peningkatan pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray sebanyak 23.56% dengan interpretasi rendah. Kata Kunci: Cooperative Learning, Teams Games Tournament, Two Stay Two Stray, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:37
Last Modified: 12 Oct 2018 08:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38714

Actions (login required)

View Item View Item