UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL INKUIRI PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN PAKAR 01 Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung)

Lisda Amarwati, 145060100 (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL INKUIRI PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN PAKAR 01 Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (315kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model inkuiri pada Subtema Organ Gerak Hewan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Pakar 01 Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang kurang menunjukkan sikap peduli dan disiplin serta pembelajaran yang kurang aktif, dikarenakan siswa masih belum berani dalam mengemukakan pendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan dan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode dan media yang kurang bervariasi dan guru dalam menjelaskan materi hanya terpacu pada buku pegangan sehingga siswa cenderung menjadi pasif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Kurt Lewin, Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksakan dalam 3 siklus dan kegiatan sesuai dengan tahap-tahap model inkuiri. Pengumpulan data menggunakan hasil tes, observasi, dan angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I sampai siklus III memperoleh nilai 31% sampai dengan 87%, dan sikap peduli pada siklus I sampai dengan siklus III yaitu 29% menjadi 89%, sikap disiplin pada siklus I sampai siklus III yaitu 31% menjadi 87%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema Organ Gerak Hewan. Kata Kunci : Model Inkuiri, Hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2018 02:40
Last Modified: 12 Oct 2018 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38647

Actions (login required)

View Item View Item