Lisda Amarwati, 145060100 (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL INKUIRI PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN PAKAR 01 Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indonesia.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (580kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (315kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model inkuiri pada Subtema Organ Gerak Hewan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Pakar 01 Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang kurang menunjukkan sikap peduli dan disiplin serta pembelajaran yang kurang aktif, dikarenakan siswa masih belum berani dalam mengemukakan pendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan dan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode dan media yang kurang bervariasi dan guru dalam menjelaskan materi hanya terpacu pada buku pegangan sehingga siswa cenderung menjadi pasif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Kurt Lewin, Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksakan dalam 3 siklus dan kegiatan sesuai dengan tahap-tahap model inkuiri. Pengumpulan data menggunakan hasil tes, observasi, dan angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I sampai siklus III memperoleh nilai 31% sampai dengan 87%, dan sikap peduli pada siklus I sampai dengan siklus III yaitu 29% menjadi 89%, sikap disiplin pada siklus I sampai siklus III yaitu 31% menjadi 87%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema Organ Gerak Hewan. Kata Kunci : Model Inkuiri, Hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 02:40 |
Last Modified: | 12 Oct 2018 02:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38647 |
Actions (login required)
View Item |