Teguh Wendy Arisman, 145060222 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV A SDN 043 Cimuncang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK-converted.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT-converted.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKESAN.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (926kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (533kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tidakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model think pair share pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Penulis melakukan tindakan kelas di kelas IV A SDN 043 Cimuncang Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan menunjukan bahwa guru menjadi pusat dalam pembelajaran, siswa pasif dalam pembelajaran, siswa hanya duduk mendengarkan penjelasan guru, siswa tidak memperhatikan saat guru menjelaskan, hasil belajar siswa rendah, sikap santun siswa kurang, karena terlihat ketika dilingkungan sekolah siswa berkata-kata kasar dan kotor terhadap temannya sendiri. Sikap peduli siswapun rendah karena dapat terlihat ketika temannya dalam kesulitan siswa tersebut tidak membantunya. Yang berakibat pada rendahanya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran. Dalam penelitian ini intrumen yang digunakan peneliti adalah lembar tes, lembar observasi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar pelaksanaan pembelajaran. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari pertama, adanya peningkatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 3.1 atau 77.5%, siklus II mencapai nilai 3.4 atau 85%, siklus III mencapai nilai 3.65 atau 91.25%). Kedua, adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 2.96 atau 74%, siklus II mencapai nilai 3.12 atau 78%, siklus III mencapai nilai 3.57 atau 89.25%). Ketiga, adanya peningkatan hasil belajar (siklus I mencapai 47,2%, siklus II mencapai 61.1%, dan siklus III mencapai 86.1%). Keempat, adanya peningkatan sikap santun siswa (siklus I mencapai 41.6%, siklus II mencapai 61.1% dan siklus III mencapai 80.5%). Sikap peduli siswa (siklus I mencapai 44%, siklus II mencapai 63.8%, siklus III mencapai 80.5%). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model think pair share pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku dapat meningkatkan sikap peduli dan hasil belajar siswa di kelas IV A SDN 043 Cimuncang Kota Bandung. Kata Kunci: Think Pair Share, dan Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 06:54 |
Last Modified: | 16 Oct 2018 06:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38602 |
Actions (login required)
View Item |