Warti Ningrum, 145020092 (2018) EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP TINGKAT KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA PASUNDAN 8 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT BAHASA INGGRIS.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (55kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul ”EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP TINGKAT KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA PASUNDAN 8 BANDUNG”. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari penerapan pembelajaran metode tutor sebaya terhadap tingkat komunikasi peserta didik yang sangat penting bagi peserta didik untuk memahami pembelajaran akuntansi dengan menggunakan metode tutor sebaya di kelas XI IPS di SMA Pasundan 8 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pretest postest design. Sampel yang diujikan dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa yang dibagi kedalam dua kelompok kontrol dan kelompok tutor sebaya agar telihat perbandingan pengaruhnya. Hasil yang didapat setelah diberikan treatment penerapan metode tutor sebaya adalah sebagai berikut: kelompok kontrol memiliki nilai pretest dengan jumlah sebesar 70,5 sementara kelompok tutor sebaya memiliki nilai postest sebesar 74.7. Hasil uji hipotesis dengan nilai sig. Sebesar 0,456 didapat nilai F. hitung 0,035 ini berarti Sig (0,035) ≤ 0,05, dapat disimpulkan bahwa data menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan nilai akuntasi antara kelompok siswa yang diajar melalui pembelajaran model pembelajaran kontrol atau konvensional dan kelompok siswa yang diajar melalui pembelajaran model pembelajaran tutor sebaya. Diskusi penemuan menunjukan bahwa penerapan tutor sebaya dapat meningkatkan diskusi atau komunikasi siswa dalam kegiatan belajar, peserta didik dapat mengeksplore kemampuan dan mengembangkan potensi dalam dirinya masing masing di pembelajaran akuntansi. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada pihak sekolah agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tutor sebaya sehingga peserta didik dapat meningkatkan komunikasi dengan baik, kepada kepala sekolah agar penelitian ini dapat menjadikan bahan pertimbangan rekruitmen tenaga kerja pendidikan guna untuk meningkatkan kualitas guru dan peserta didik, kepada guru mata pelajaran akuntansi agar dapat lebih memperhatikan dalam penerapan metode pembelajaran guna untuk meningkatkan keefektifan dalam pembelajaran, serta peserta didik agar lebih aktif selama melakukan kegiatan pembelajara. Selain itu penulis mengharapkan pada peneliti selanjutnya untuk mengkaji mengenai pembelajaran metode tutor sebaya lebih mendalam pada sekolah yang berbeda dalam lingkup yang lebih luas. Kata Kunci: Pembelajaran Metode Tutor Sebaya, Tingkat Komunikasi Peserta Didik Kelas, Mata Pelajaran Akuntansi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 07:18 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 07:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38418 |
Actions (login required)
View Item |