Rizki Rinaldi, 145030119 (2018) PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR TEKS NARASI DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1.Cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indonesia Rizki Rinaldi.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris Rizki Rinaldi.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda Rizki Rinaldi.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 Rizki Rinaldi.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 Rizki Rinaldi.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3 Rizki Rinaldi.pdf Download (689kB) | Preview |
|
Text
BAB 4 Rizki Rinaldi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB 5 Rizki Rinaldi.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA RIZKI RINALDI.pdf Download (264kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya keterampilan membaca peserta didik dalam menelaah struktur teks narasi. Untuk meningkatkan keterampilan menelaah teks narasi pada penelitian ini menggunakan model CIRC. Model CIRC memiliki tujuan agar peserta didik mampu aktif dalam melakukan proses menelaah sebuah teks narasi. Tujuan lain CIRC pun adalah membuat siswa lebih kritis dalam memahami teks narasi yang dibaca. Subjek penelitian ini adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain penelitian True Eksperimental desain bentuk pretes postes control group design, yaitu dengan menggunakan prates dan pascates dengan penugasan yang sama. Hasil penelitian yang penulis dapatkan, yaitu : 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menelaah struktur teks narasi menggunakan model CIRC.Terbukti pada nilai perencanaan pembelajaran sebesar 2,87 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 2,65. 2) Peserta didik kelas eksperimen SMP Pasundan 3 Bandung mampu menelaah struktur teks narasi menggunakan model CIRC dengan baik. Dibuktikan dari nilai rata-rata prates sebesar 30,90 dan nilai rata-rata pascates sebesar 81,73. 3) Model CIRC efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur teks narasi di kelas eksperimen SMP Pasundan 3 Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukan thitung kelas eksperimen > thitung kelas kontrol atau pembanding, yaitu 0,006 – 0,004. 4)hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan di kelas kontrol. dibuktikan dari nilai rata-rata kelas eksperimen dengan nilai prates sebesar 30,90 dan nilai rata-rata pascates sebesar 80,15, sedangkan selisih prates dan pascates yaitu sebesar 49,25. Sedangkan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata prates sebesar 19,69 dan nilai rata-rata pascates sebesar 62,87 dengan selisih prates dan pascates 43,18. Berdasarkan data hasil penelitian, maka penelitian dapat dinyatakan berhasil. Kata kunci : pembelajaran, menelaah, teks narasi, model CIRC.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Oct 2018 02:50 |
Last Modified: | 06 Oct 2018 02:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37652 |
Actions (login required)
View Item |