PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU

NENG SANTI, 145060230 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B SUNDA.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema keberagaman budaya bangsaku dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 130 Batununggal Sekelimus Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, pendidik yang masih menggunakan metode konvensional atau metode ceramah, dan pembelajaran masih berpusat pada pendidik sehingga menyebabkan peserta didik menjadi kurang aktif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya. Pada hasil belajar peserta didik terdiri dari tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Pada ranah kognitif, peserta didik yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 38,46% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 50% dengan kategori cukup dan siklus III sebesar 80,7% dengan kategori sangat baik. Pada ranah afektif terdiri dari sikap peduli dan santun. Pada siklus I sikap peduli peserta didik yang memperoleh ketuntasan sebesar 34,6% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 65,4% dengan kategori cukup dan siklus III sebesar 84,6% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I sikap santun peserta didik memperoleh ketuntasan sebesar 30,7% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 61,5% dengan kategori cukup dan siklus III sebesar 88,6% dengan kategori baik. Pada ranah psikomotor, peserta didik yang memperoleh ketuntasan pada siklus I 30,8% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 59,6% dengan kategori kurang dan siklus III sebesar 88,4% dengan kategori baik. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan Model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran subtema Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV SDN 130 Batununggal Sekelimus Bandung. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Oct 2018 08:19
Last Modified: 05 Oct 2018 08:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37537

Actions (login required)

View Item View Item