PENERAPAN PEMBELAJARAN TEKNIK CRICITAL INCIDENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS 3 di SMAN 17 BANDUNG (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X IPS 3 di SMAN 17 Bandung)

MIA RAHMA HAIFA PUTRI, 145020068 (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEKNIK CRICITAL INCIDENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS 3 di SMAN 17 BANDUNG (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X IPS 3 di SMAN 17 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
mia cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I prof.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II prof print.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III prof.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
BAB IV MIA PRINT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
MIA BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA PROF.pdf

Download (35kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pembelajaran Ekonomi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPS 3 SMAN 17 Bandung. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah teknik critical incident dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pengukuran awal (pre-test) dan setelah pengukuran (post test). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian kelompok tunggal pre-test dan post test. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada pengukuran awal (pre-test) dengan nilai rata-rata 10 dan standar deviasi 3,32 dan setelah pengukuran (post test) dengan nilai rata-rata 15 standar deviasi 2,54. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapakan pembelajaran teknik critical incident, dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Secara statistik ada perbedaan antara nilai pada saat pre- test dan post test sebesar 0,47 dengan kriteria penafsiran sedang. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa teknik critical incident merupakan salah satu teknik pembelajaran efektif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru mata pelajaran ekonomi untuk menerapkan teknik critical incident pada mata pelajaran ekonomi dengan memperhatikan perbedaan individu peserta didik melalui taktik pembelajaran dan dalam kegiatan belajar mengajar sebaiknya guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa dengan menerapkan pembelajaran abad 21. Selain itu saran untuk peserta didik yaitu Peserta didik setidaknya dapat memberi respon yang baik terhadap pengajar/guru pada penerapan pembelajaran teknik Critical Incident. Dan bagi peneliti selanjutnta perlu lagi dilakukan perlakuan yang lebih lanjut mengenai penerapan pembelajaran teknik Critical Incident guna mencapai keberhasilan belajar Peserta Didik. Kata Kunci : pembelajaran, teknik critical incident, berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Oct 2018 08:13
Last Modified: 05 Oct 2018 08:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37532

Actions (login required)

View Item View Item