PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT (CPA) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MADRASAH ALIYAH (MA)

ANWAR MU’MIN SIDIK, 145050033 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT (CPA) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MADRASAH ALIYAH (MA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Kemampuan representasi matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan representasi matematis siswa ternyata masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis adalah model pembelajaran concrete-pictorial-abstract (CPA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran concrete-pictorial-abstract (CPA) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 2) mengetahui peningkatan self-efficacy siswa memperoleh model pembelajaran concrete-pictorial-abstract (CPA) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, dan 3) untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran concrete-pictorial-abstract (CPA) terhadap kemampuan representasi matematis. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MAN 1 Kota Bandung tahun ajaran 2018-2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA A dan X IPA C MAN 1 Kota Bandung sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan representasi matematis dan angket self-efficacy yang menggunakan skala Likert. Tes dan angket diuji cobakan terlebih dahulu di kelas XI IPA. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 20. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan 1) kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran concrete-pictorial-abstract (CPA) lebih tinggi daripada daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 2) self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran concrete-pictorial-abstract (CPA) lebih baik daripada daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 3) model pembelajaran concrete-pictorial-abstract (CPA) efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Oleh karena itu model pembelajaran concrete-pictorial-abstract (CPA) dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Kata kunci: Representasi Matematis, Model Pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA), Self-Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Oct 2018 02:26
Last Modified: 05 Oct 2018 02:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37458

Actions (login required)

View Item View Item