Tuti Hariyanti, 145030012 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR BANGUNAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 7 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran menulis sebenarnya sudah diajarkan sejak dini, namun peserta didik masih saja mengalami kesulitan, apalagi dalam hal menuangkan ide. Berkaitan dengan penjelasan tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan metode quantum. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik penelitian observasi, uji coba, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut; 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran menulis puisi dengan memperhatikan unsur bangunan dengan menggunakan metode quantum. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,73. Kemampuan penulis termasuk kategori baik sekali (A); 2) Ada perbedaan signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan memperhatikan unsur bangunan dengan menggunakan metode quantum. Hasil prates kelas eksperimen adalah 913 dengan rata-rata 43,4 dan hasil pascates sebesar 1587 dengan nilai rata-rata 75,7. Sedangkan hasil prates pada kelas kontrol adalah 795 dengan nilai rata-rata 39,8 dan hasil pascates 1381 dengan nilai rata-rata 69,5; 3) Adanya peningkat hasil prates dan pascates pada pembelajaran menulis puisi. Hal ini terbukti dari hasil prates kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 43,4 dan nilai rata-rata pascates 75,7, sehingga menghasilkan peningkatan dari prates dan pascates sebesar 32,3. Sedangkan untuk kelas kontrol, nilai rata-rata prates sebesar 39,8 dan nilai rata-rata pascates sebesar 69,5, sehingga menghasilkan peningkatan dari prates dan pascates sebesar 29,25; 4) Metode quantum efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung sebesar 11,62, t tabel sebesar 2,09 pada tingkat kepercayaan 95% taraf signifikan 5% dan db sebesar 20. Kata kunci: Pembelajaran, menulis, puisi, quantum.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 08:25 |
Last Modified: | 04 Oct 2018 08:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37424 |
Actions (login required)
View Item |