RENOLD WISDANTARA, 145060030 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Tema 9 Kayanya Negegeriku Subtema Pelestarian kekayaan sumber daya alam di indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 033 Asmi Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDO.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ASBTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (871kB) | Preview |
|
Text
BAB IV...pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berisi tentang penggunaan model Inkuiri Sub tema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indoneisa yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar yang dibagi dalam tiap ranah kognitif dan afektif siswa kelas IV SDN 033 Asmi Kota Bandung. Latar belakang Penelitian ini adalah Bahwa Pola pembelajaran yang digunakan oleh guru juga masih bersifat tradisional, guru hanya berfokus pada pengembangan dari aspek kognitif saja, Model Inkuiri berguna untuk meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, yang rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Hopskin (Mansur Muslich, 2009 hlm 43). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dokumentasi, evaluasi (postest, freetest,). Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus (enam kali pertemuan), secara keseluruhan telah menunjukkan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh presentase 70%, siklus II 79% dan siklus III 89%. Selanjutnya data pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh presentase 70%, siklus II 79% dan siklus II 89%. Adapun nilai hasil belajar pada ranah kognitif siklus I memperoleh presentase 52%, siklus II 79%, dan siklus III 89%. Adapun nilai hasil belajar pada ranah afektif siklus I memperoleh presentase 68%, siklus II 75%, dan siklus III 89%. Kata Kunci : Model Inkuiri, Ranah Kognitif, Ranah Afektif, Hasil Belajar, Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia, Tematik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 08:39 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 08:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37328 |
Actions (login required)
View Item |