PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-AWARENESS PADA SISWA SMA

GUMELAR NUR OKTAVIANA, 145050021 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-AWARENESS PADA SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ternyata masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis adalah model Problem Centered Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematis yang memperoleh model Problem Centered Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, mengetahui self-awareness siswa memperoleh model Problem Centered Learning lebih baik daripada daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui efektifitas model Problem Centered Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN 15 Bandung tahun ajaran 2017-2018. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMAN 15 bandung sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket self-awareness yang menggunakan skala Likert. Tes dan angket diuji cobakan terlebih dahulu di kelas XI MIPA. Analisis data menggunakan program SPSS 20. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model Problem Centered Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; self-awareness siswa yang memperoleh model Problem Centered Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; model Problem Centered Learning efektif untuk meningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Oleh karna itu model Problem centered Learning dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Kata kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Model Problem Centered Learning, Self-awareness.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 08:26
Last Modified: 03 Oct 2018 08:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37322

Actions (login required)

View Item View Item