Marezka Aulia Raharja, 145060195 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN Bojongkoneng 114 Cibeunying Kota Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover Marezka Aulia Raharja 145060195.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
6._ABSTRACT_B._Indonesia_Marezka_Aulia_Raharja_145060195.PDF Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
8._ABSTRACT_B._Inggris_Marezka_Aulia_Raharja_145060195.PDF Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
7._ABSTRACT_B._Sunda_Marezka_Aulia_Raharja_145060195.PDF Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
14._BAB_I_Marezka_Aulia_Raharja_145060195.PDF Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
15._BAB_II_Marezka_Aulia_Raharja_145060195.PDF Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
16._BAB_III_Marezka_Aulia_Raharja_145060195.PDF Download (618kB) | Preview |
|
Text
17._BAB_IV_Marezka_Aulia_Raharja_145060195.PDF Restricted to Repository staff only Download (893kB) |
||
Text
18._BAB_V_Marezka_Aulia_Raharja_145060195.PDF Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
|
Text
19. Daftar Pustaka Marezka Aulia Raharja 145060195.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division pada pembelajaran dalam subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV SDN 114 Bojongkoneng Cibeunying. Sekolah ini memiliki latar belakang peserta didik yang kurang menunjukkan hasil belajar yang memuaskan atau dapat dikatakan bahwa hasil belajar peserta didik masih di bawah Kriteria Keberhasilan Minimal, hal ini dikarenakan pada kegiatan pembelajaran pendidik belum menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division tetapi masih sering menggunakan metode pembelajaran ceramah yang cenderung monoton. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya, dan menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division yang terdiri dari 6 fase yaitu, Menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik, Menyajikan informasi, Mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok belajar, Membimbing kelompok bekerja dan belajar, Evaluasi, dan Memberikan penghargaan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, dan penggunaan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan pendidik dan peserta didik selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata – rata dari penilaian hasil belajar. Pada penilaian hasil belajar, aspek pengetahuan siklus I nilai rata-rata ketuntasan belajar mencapai 30% , dan hasil belajar siklus II nilai rata-rata ketuntasan belajar mencapai 60% sedangkan siklus III nilai rata-rata ketuntasan belajar mencapai 86,7% dari seluruh jumlah Keseluruhan peserta didik yaitu 30 peserta didik. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran STAD sangat menunjang terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model STAD dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Kata Kunci: Student Team Achievement Division, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 07:15 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 07:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37297 |
Actions (login required)
View Item |