PEMBELAJARAN MENYAJIKAN KESAN DALAM TEKS DESKRIPSI DENGAN MEMERHATIKAN STRUKTUR KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 BANJARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

IHSAN APRIANDY, 145030076 (2018) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN KESAN DALAM TEKS DESKRIPSI DENGAN MEMERHATIKAN STRUKTUR KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 BANJARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abtract.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ringkesan.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan menggunakan model atau metode pembelajaran. Model atau metode pembelajaran yang digunakan harus bisa membuat peserta didik menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga tercipta pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan model pembelajaran example non example untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dalam pembelajaran menyajikan kesan dalam teks deskripsi dengan memerhatikan struktur kebahasaan pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Banjaran. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan melihat kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyajikan kesan dalam teks deskripsi dengan memerhatikan struktur kebahasaan menggunakan metode example non example pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Banjaran, mengetahui dan menguji kemampuan peserta didik kelas VII SMPN 1 Banjaran dalam menyajikan kesan dalam teks deskripsi dengan memerhatikan struktur kebahasaan menggunakan metode example non example, dan mengetahui keefektifan penggunaan metode example non example dalam pembelajaran menyajikan kesan dalam teks deskripsi dengan memerhatikan struktur kebahasaan pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Banjaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan, yaitu studi dokumentasi/telaah pustaka, tes, dan observasi. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari hasil perencanaan pembelajaran sebesar 3,22 dan hasil pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,11. Selanjutnya, dapat dilihat dari hasil prates dengan nilai rata-rata 47,27 dan hasil pascates dengan nilai rata-rata 71,21. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Banjaran sebesar 23,94. Selain itu, dapat dilihat juga dari hasil uji statistik nilai t hitung > t tabel , yaitu 12,164 > 1,703 dengan nilai signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 36. Selanjutnya nilai Sig. (2-tailed) menunjukkan hasil 0,000 yang berarti nilai signifikansi < 0,05 pada taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran menyajikan kesan dalam teks deskripsi dengan memerhatikan struktur kebahasaan dengan metode example non example pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Banjaran berhasil dilaksanakan dengan baik. Kata kunci: Metode example non example, Pembelajaran, Teks deskripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:43
Last Modified: 03 Oct 2018 06:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37286

Actions (login required)

View Item View Item