PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT)

FITRI ANJANI SAEPUDIN, 145050076 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

REACT merupakan suatu model pembelajaran yang berupaya membuat siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Keaktifan siswa itu terwujud dalam masalah yaitu memberikan siswa peluang untuk mencari dan menghubungkan masalah sehari-hari yang dialami siswa yang berkaitan dengan pembelajaran matematika. Dengan terlibatnya siswa secara aktif dalam proses pembelajaran maka kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam matematika akan terus terlatih dengan baik dan dapat meningkatkan self-efficacy siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran dengan strategi REACT lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, mengetahui self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran dengan strategi REACT lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran dengan strategi REACT. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan desain kelompok kontrol pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah semua kelas VIII SMPN 02 Cipongkor. Adapun sampel penelitian ini adalah adalah kelas VIII SMPN 02 Cipongkor sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan pada tipe ini berupa tes tipe uraian kemampuan berpikir kreatif matematis dan skala sikap self-efficacy siswa dengan menggunakan model Skala Likert. Analisis data dengan menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian yang diperoleh adalah; 1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran dengan strategi REACT lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran dengan strategi REACT lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. 3) Terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran dengan strategi REACT. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-Efficacy, Strategi REACT.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:38
Last Modified: 03 Oct 2018 06:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37284

Actions (login required)

View Item View Item