PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Tema Kayanya Negeriku Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia SDN Sindangpanon Kec. Banjaran Tahun Pelajaran 2017/2018).

Lupian Rusdi, 145060234 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Tema Kayanya Negeriku Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia SDN Sindangpanon Kec. Banjaran Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover lup jdi (Skripsi).pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Lup jadi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda lupiaaaan.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 Lup jadi.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 Lup jadi.pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3 Lup jadi.pdf

Download (924kB) | Preview
[img] Text
Bab 4 lup jadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Baba 5 lup jadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
Dapus Lup jadi.pdf

Download (18kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penerapan model discovery learning yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap percaya diri serta meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV A SD Negeri Sindangpanon Banjaran Kabupaten Bandung pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia dengan tema kayanya negeriku. Yang dihadapi pada subtema ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh pendidik masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada pendidiktanpa melibatkan peserta didik sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Model discovery learning berguna untuk menumbuhkan sikap percaya diri serta meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Hopkins dalam Masnur Muslich (2012, hlm. 43). Ini terbukti dari hasil belajar yang diperoleh persiklusnya yaitu : siklus I peserta didik yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 56% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 44% dan siklus II peserta didik yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 79% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 21% dan siklus III peserta didik yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 88% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 12% Kata kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Percaya Diri, dan Hasil Belajar Peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:37
Last Modified: 03 Oct 2018 06:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37282

Actions (login required)

View Item View Item